Mengenal Detail Hewan Berbadan Lunak (Mollusca)

Mengenal Detail Hewan Berbadan Lunak (Mollusca)

Hewan berbadan lunak (Mollusca) sangat banyak ragam jenisnya. Mollusca sebutan untuk hewan berbadan lunak. Maksud dari hewan berbadan lunak adalah hewan yang tidak memiliki rangka. Contohnya : Siput, kerang, cumi-cumi, gurita dan sejenisnya.

Jenis hewan Mollusca ini terdiri dari lebih 100.000 spesies. Sangat menarik untuk membahas hewan berbadan lunak disebabkan spesiesnya yang sangat beragam juga hewan-hewan ini sering dijumpai dikehidupan sehari-hari kita.

Ciri-ciri Mollusca


Ciri-ciri utamanya tentu saja bertubuh lunak. Semua spesies ini bertubuh lunak, ada beberapa diantaranya yang mempunyai cangkang yang keras terbuat dari kalsium karbonat. Contohnya seperti kerang dan sebagainya. Sebagian lainnya seperti cumi-cumi dan gurita memiliki cangkang yang internal / kehilangan semua cangkang karena evolusi.

 Mollusca termasuk kelompok hewan yang memiliki tubuh simetris bilateral, dengan sebab itu hewan ini digolongkan kedalam kelompok Bilateria. Perkembangan embrio Mollusca adalah duluan terbentuk embrio mulut daripada embrio anus, sehingga hewan berbadan lunak juga digolongkan kedalam kelompok Protostomia.

Hewan berbadan lunak (Mollusca) juga tergolong dalam klad Lophotrochozoa didasarkan dari filogenetik DNA, juga merupakan Trokozoa (en: Trochozoans), yaitu kelompok hewan yang menghasilkan larva bersila atau lebih dikenal dengan larva trokofor.

Walaupun jumlah spesiesnya hingga 100.000 spesies, namun hewan berbadan lunak (Mollusca) memiliki tubuh yang hampir sama disetiap spesiesnya. Tubuh Mollusca memiliki tiga bagian utama, yaitu :

Kaki - Otot yang digunakan untuk bergerak.
Visceral mass - Kumpulan organ-organ dalam.
Mantel - Jaringan yang membungkus visceral mass dan mensekresikan cangkang.

Ciri khusus Mollusca dalam memperoleh makanan yaitu menggunakan struktur seperti tali atau lidah kasar yang sering disebut dengan radula. Kelompok radula adalah kelompok hewan yang memiliki ratusan gigi mikroskopis yang diperlukan untuk mengikis makanan seperti ganggang can zat makanan lain. Peredaran darah Mollusca adalah sistem peredaran darah secara terbuka.

Peranan Mollusca Bagi Manusia


Hewan Mollusca banyak yang bermanfaat bagi manusia. Diantaranya:

Sebagai sumber makanan:

Kerang darah
Kerang hijau
Tiram pasifik
Cumi-cumi
Gurita

Sebagai Penghasil Mutiara

Tiram Mutiara

Selain yang menguntungkan, ada juga yang merugikan, diantaranya:

Keong emas - Sebagai hama tanaman

Keong air - Inang perantara penyakit

0 Response to "Mengenal Detail Hewan Berbadan Lunak (Mollusca)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel