Pembahasan Detail Tentang Hewan Sugar Glider

Pembahasan Detail Tentang Hewan Sugar Glider

Mengenal Sugar Glider


Orang Indonesia menyebutnya dengan nama wupih sirsik, nama dalam bahasa Inggrisnya sugar glider, nama ilmiahnya Petarus breviceps. Sugar glider adalah hewan dengan postur tubuh kecil yang berperilaku layaknya hewan omnivora (pemakan tumbuhan & hewan), arboreal (hidup di pepohonan atau belukar), , nokturnal (hewan yang tidur di siang hari dan beraktifitas malam hari), dan marsupialia (kelompok mamalia yang memiliki kantung seperti kangguru).

Dalam bahasa Indonesia sugar bisa diartikan gula atau manis. Sedangakn arti untuk glider adalah pesawat peluncur / pesawat terbang layang. Dinamakan sugar glider dalam bahasa Inggris dikarenakan hewan ini berkemampuan meluncur dengan baik karena mempunyai sayap layaknya sayap kekelawar juga hewan ini menyukai makanan yang manis. Itulah alasan dinamakan sugar (manis) glider (peluncur).

Jika anda pernah melihat anime Avatar Aang, ada peliharaan Aang yang bernama momo. Itulah hewan sugar glider. Dia mempunyai kemampuan untuk terbang, namun cara terbang tidak seperti kemampuan terbang burung, tetapi lebih kepada berpindah dari pohon yang satu kepohon lainnya walaupun dalam jarak jauh.

Hewan sugar glider berbentuk fisik yang hampir sama dengan tupai. Hewan ini termasuk satwa yang berasal dari daratan utama Australia, Pulau Papua, Maluku, Halmahera, Indonesia Timur dan pulau-pulau tertentu di negara kita Indonesia.

Pembahasan Detail Tentang Hewan Sugar Glider

Sugar  Glider Sebagai Peliharaan


Sugar Glider banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan bagi orang-orang tertentu. Tak banyak orang yang memelihara hewan ini, oleh sebab itu hewan ini dikenal sebagai binatang peliharaan anti mainstream. Hewan ini cocok dipelihara oleh semua umur, yang penting tau cara perawatannya.

Memelihara sugar glider termasuk mudah bagi orang yang mengetahuai caranya. Banyak yang mencoba memelihara sugar glider namun tidak bertahan lama, seringnya mati karena tidak bisa merawat. Untuk memlihara sugar glider, harus sering mengecek kandang, juga membawanya bermain dilingkungan sekitar. Ini dimaksudkan agar hewan ini terbiasa dengan majikan dan lingkungan sekitarnya. Binatang ini termasuk kategori hewan yang bersih, jadi tidak perlu dibawa ke salon layaknya perawatan kucing.

Kandang Sugar Glider


Pembahasan Detail Tentang Hewan Sugar Glider

Kandang sugar glider, semakin besar semakin baik. Pastikan kandangnya terlindungi dari sinar matahari juga mempunyai sirkulasi udara yang bagus. Dalam kandang isi dengan ranting kayu dan roda untuk mainan, karena binatang ini termasuk binatang yang aktif. Gunakan mainan dengan bahan yang terbuat dari kayu. Tempat tidur juga harus diletakkan didalam kandang.

Makanan Sugar Glider


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sugar glider termasuk hewan yang aktif dimalam hari dan menyukai makanan manis juga serangga. Untuk makanannya bisa dikasih bubur bayi / buah / sayur / serangga / atau beli khusus makanan sugar glider lebih baik.

Note : Jangan memberinya buah yang mengandung asam, seperti jeruk dan sebagainya. Buah mengandung asam biasanya membuatnya sakit.


Kapan Sugar Glider Bagus Dipelihara ?


Direkomendasikan memelihara sugar glider semenjak kecil, berkisar umur 1.5 - 2 bulan, sehingga ketika dewasa hewan ini akan lebih jinak karena sedari kecil sudah terbiasa dengan majikannya. Untuk membeli Sugar Glider belilah yang kecil, gigitan sugar glider kecil pun tidak akan terlalu sakit.

Kendala Dalam Memelihara Sugar Glider


Setiap binatang peliharaan mesti ada kendala-kendala dalam memeliharanya. Kendala dalam meemlihara sugar glider adalah :
  • Sugar glider tidak bisa dilatih untuk buang air di tempat pembuangan layaknya kucing. Waktu sugar glider buang air kisaran 4-5 jam sekali. Bahkan bisa saja sewaktu-waktu dia akan buang air di badanmu.
  • Menggigit, sugar glider suka menggigit. Gigitan sugar glider jinak tidak akan sakit karena hanya bermaksud untuk bermain, namun hanya bagi majikan yang sudah terbiasa dengannya. Orang yang belum dikenal, gigitannya akan terasa sakit karena sebagai bentuk pertahanan diri.
  • Termasuk binatang manja, memelihara sugar glider lumayan akan menghabiskan waktu kita.
  • Sering mengeluarkan suara bising dimalan hari, karena aktifitas hewan ini seringnya di malam hari.

Tips Memelihara Sugar Glider

  • Sugar Glider bukan tupai, jadi jangan memberinya makanan kacang.
  • Sugar glider takut akan kantong plastik., jadi jauhkan kantong plastik dari dekat sugar glider.
  • Batasi makanan buah untuk sugar glider.
  • Jangan memberinya buah yang mengandung asam, seperti jeruk dan sebagainya. Buah mengandung asam biasanya membuatnya sakit.

Harga Untuk Sugar Glider


Harga untuk seekor hewan sugar glider ditentukan dari jenisnya. Inilah beberapa jenis sugar glider yang bisa dipelihara di Indonesia beserta harganya :
  • Classic Grey
Jenis ini paling umum ditemukan di Indonesia. Ciri jenis Classic Grey adalah warna bulunya abu-abu. Harga untuk jenis ini = Kisaran > Rp. 250.000
  • Albino
Jenis ini lumayan susah dicari. Warna sugar glider jenis ini sudah tentu putih sesuai dengan jenisnya albino. Harga untuk jenis ini = Kisaran Rp. 10 - 15 Juta.
  • Leucistic
Jenis ini hampi sama dengan jenis albino. Namun matanya berwarna hitam, sedangkan albino berwarna merah. Harga untuk jenis ini = Kisaran Rp. 10-15 Juta.
  • White Face
Jenis ini hampir sama dengan jenis classic grey, namun memiliki wajah dengan bulu yang banyak berwarna putih. Harga untuk jenis ini = Kisaran Rp. 3-6 juta.
  • White Tip
Jenis ini mempunyai ekor yang putih. Harga untuk jenis ini = Kisaran Rp. 5-8 juta.
  • Mosaic
Hampir sama dengan jenis Leucistic namun dengan tambahan guratan-guratan corak berwarna abu-abu muda di badannya. Harga untuk jenis ini = Kisaran Rp. 5-8 juta.

0 Response to "Pembahasan Detail Tentang Hewan Sugar Glider"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel